Waktu Menjemur Bayi Paling Baik Jam 10 Pagi? Ini Penjelasan Dokter Anak

Bermimpi tentang matahari terbit merupakan petunjuk awal dari sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan Anda. Di dunia ini, ada banyak sekali sumber energi tidak terbarukan yang terus digunakan oleh manusia tanpa henti. Sumber energi tersebut dimanfaatkan dalam berbagai bentuk kehidupan yang bisa mendukung agar keberlangsungan bisa terus berjalan dengan baik. Meskipun demikian, karena sumber energi yang tidak terbarukan itu akan cepat habis terutama jika dalam pemakaiannya terus dilakukan tanpa adanya batasan.

Oleh karena itu, kita perlu membatasi waktu berjemur di bawah sinar matahari selama menit saja. Sebelum mengetahui waktu berjemur yang baik jam berapa, alangkah baiknya kita menilik manfaat berjemur di bawah sinar matahari terlebih dahulu. Yang perlu diketahui bahwa tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Apalagi kandungan vitamin D nyatanya cukup terbatas hanya dari jenis-jenis makanan tertentu, seperti kuning telur dan susu. Sama seperti matahari pagi, paparan sinar matahari sore, khususnya setelah jam 4 sore, bukan waktu yang tepat untuk mendapatkan vitamin D. Beberapa orang menganggap sinar matahari pagi merupakan waktu terbaik untuk mengawali hari dengan berjemur.

Sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran yang jelas bahwa ini bukanlah malam hari, sehingga akan membantu mempertahankan ritme sirkadian yang regular. Ketika di luar mulai gelap maka tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas sehingga merasa lelah dan mengantuk menjelang waktu tidur. Salah satu manfaat berjemur di bawah sinar matahari yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Palu, Beritasatu.com – Berjemur di sinar matahari pagi sebenarnya bukan untuk mematikan virus corona. Namun lebih pada meningkatkan imunitas tubuh agar mampu melawan virus apapun yang bisa mengganggu kesehatan tubuh setiap orang.

SAD adalah depresi yang umum dirasakan saat berada di musim dingin. Hal serupa juga terjadi pada orang-orang yang bekerja berjam-jam di gedung perkantoran dan jarang keluar untuk berjemur. Sekitar 80 persen vitamin D yang kita butuhkan berasal dari sinar matahari. Umumnya, waktu yang disarankan untuk terpapar sinar matahari langsung adalah mulai dari jam 8 hingga jam 10 pagi. Itulah tadi, beberapa manfaat dan juga tips berjemur di pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh semakin optimal. HumasUPNVJ – Salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 selain bberolahraga yaitu menyempatkan waktu untuk berjemur.

Dilansir dari Help Guide, setiap manusia dewasa setidaknya membutuhkan untuk tidur selama minimal 6 jam sehari. Dengan terkena cahaya matahari, maka tubuh akan secara otomatis mengatur jam tidur dengan tepat dan memastikan agar Anda bisa beristirahat sesuai dengan waktunya. Moms mungkin masih ingat, pada awal masa pandemi Covid 19 muncul perdebatan waktu terbaik untuk aktivitas berjemur. Ada yang mengatakan waktu terbaik untuk menyerap vitamin D dari matahari adalah antara pukul 10 pagi hingga 2 siang. Perdebatan itu kemudian disudahi dengan kajian ilmiah oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang menyebut waktu terbaik untuk berjemur adalah pukul 9 pagi, maksimal selama 15 menit. Manfaat berjemur di pagi hari untuk anak lainnya adalah dapat memperbanyak produksi serotonin atau hormon bahagia.

Berjemur matahari paling baik jam 10 pagi - 2 siang

Padahal, jika aktivitas ini dilakukan dengan benar, maka akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin D3 juga memiliki fungsi lain, yaitu mencegah kanker dan penyakit autoimun. Sinar matahari sangat dibutuhkan anak-anak, khususnya pada pagi hari. Paparan sinar matahari secukupnya bisa membantu tubuh memproduksi vitamin D yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

Tapi kan harganya cukup mahal, dan saat ini masyarakat sudah banyak yang kesusahan untuk makan sehari-hari. Kalau ada dana beli Vitamin C, generik saja tidak perlu yang mahal. Cukup minum Vitamin C 500 mg satu tablet sehari bisa meningkatkan respon kekebalan tubuh 2-4 kali lipat.

Simpan lotion SPF di tempat yang sejuk dan terhindari dari sorotan sinar matahari secara langsung. Gunakan lotion kulit pelindung sinar matahari yang mengandung setidaknya SPF 24 atau di atasnya. Jadi, jika Anda memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah maka kecil kemungkinan Anda akan menderita osteoporosis dan arthritis di kemudian hari. Mengingat asupan vitamin D hanya terbatas dari jenis-jenis makanan tertentu, seperti kuning telur dan susu, jangan sampai tubuh Anda kekurangan vitamin D.

Penelitian lain dari University of Cambridge mengungkapkan bahwa vitamin D yang dihasilkan oleh sinar matahari akan membantu mengoptimalkan kemampuan otak. Untuk bayi baru lahir, berjemur di pagi hari akan bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatannya. Namun tentu waktu dan cara berjemur harus sangat diperhatikan, karena bila tidak justru akan memberikan dampak buruk bagi bayi. Waktu best terkena paparan matahari, hanyalah 5-15 menit setiap harinya. Itupun bisa didapatkan saat melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berjalan saat siang hari.

Selain sebagai sumber energi terbesar yang membantu aktivitas keseharian, ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh. Kita memang seringkali diingatkan untuk mengenakan sunscreen atau tabir surya di wajah untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari. Namun, menurut dr. Indah penggunaan tabir surya ini tidak disarankan saat Anda hendak Beli Free Spin berjemur, terutama di bagian tubuh yang ingin dipaparkan di bawah sinar matahari. “Sunblock itu kan sifatnya menangkal sinar matahari ya, sehingga manfaat yang akan didapatkan tubuh akan kurang maksimal. Sehingga, bisa saya katakan kalau tujuan untuk berjemur adalah untuk menyerap sinar matahari, maka penggunaan sunblock tidak disarankan,” tutup dr. Indah.