Waktu Ideal Berjemur Matahari Pagi Bener Jam 10 Gak Sih? Jangan

JawaPos.com – Pandemi virus korona jenis baru (SARS-CoV-2) atau Covid-19 membuat tren gaya hidup masyarakat berubah. Manfaat berjemur di pagi hari yang keenam adalah untuk mengurangi gejala Alzheimer. Pasien Alzheimer yang terpapar sinar matahari sepanjang hari dari jam 9 pagi hingga 6 malam, diikuti dengan kegelapan malam memiliki mental yang lebih baik. Manfaat berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk kesehatan berikutnya adalah mengurangi stres. Hasil studi melaporkan bahwa orang-orang yang berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat terhindar dari stres.

Berjemur matahari paling baik jam 10 pagi - 2 siang

Sementara, sinar matahari di atas jam 1o yang masuk ke dalam bumi adalah gelombang matahari sedikit pendek yakni ultraviolet B . Ini bermanfaat untuk memproduksi vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dapat mencegah kanker, bahkan bisa mengurangi risiko autisme. Sinar matahari yang kita terima akan memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yakni hormon yang bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan tenang. Bahkan, jika tidak depresi sekalipun, berjemur di bawah sinar matahari pagi ternyata dapat membangkitkan suasana hati menjadi lebih baik. Vitamin D sering disebut vitamin matahari karena kulit kita akan memproduksinya saat terpapar matahari. Zaman dahulu sejak di bangku sekolah, kita hanya diajari bahwa vitamin D sangat diperlukan untuk kesehatan tulang dan waktu yang paling baik adalah pada pagi hari.

Tentunya agar lebih optimum, Ibu juga harus mengimbanginya dengan memberikan asupan makanan yang kaya gizi setiap hari dan nutrisi tambahan. Saat produksi hormon insulin melimpah, maka asupan energi untuk tubuh anak pun ikut meningkat. Hal ini akan sangat membantu anak untuk menjalani aktivitasnya dengan penuh semangat.

Tapi dengan berjemur di pagi hari, maka risiko kanker tersebut bisa menjadi lebih rendah. Frank dan Cedric Garland dari University of California mengamati bahwa pasien kanker usus besar di New York tiga kali lebih tinggi Slot Deposit Pulsa daripada di Mexico. Selain itu, suplementasi vitamin D terbukti dapat menurunkan risiko pengembangan segala bentuk kanker hingga 60%. Manfaat berjemur di pagi hari yang keempat adalah untuk menghilangkan depresi ringan.

Manfaat berjemur di pagi hari pertama berhubungan dengan daya tahan tubuh. Paparan sinar matahari akan meningkatkan pertumbuhan sel darah putih di dalam tubuh anak. Sel ini berfungsi untuk meningkatkan sistem imun agar bisa menangkal serangan mikroorganisme penyebab penyakit. Pukul 11.00 sinar ultraviolet B sudah banyak, jadi cukup lima menit saja berjemur.

Pada pukul tersebut, sinar ultaviolet B dari matahari terbentuk sempurna, yang sangat bermanfaat bagi tubuh. “Sinar matahari pagi memiliki spektrum sinar biru yang sangat bermanfaat bagi bayi untuk mengurangi kadar bilirubin dalam darah. Menjemur bayi pada pagi juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh bayi & membantu mengeluarkan lendir yang ada ditenggorokan,” jelas dokter anak yang berparktik di RS. Berjemur jadi rutinitas baru sebagian besar masyarakat Indonesia saat pandemi COVID-19. Berjemur di pagi hari dapat membuat tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang mumpuni, yang sangat dibutuhkan untuk melindungi diri menangkal tubuh terinfeksi virus corona SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19.

Apalagi di masa sekarang ini di mana virus berbahaya sedang merajalela, semua orang sangat dianjurkan untuk rutin berjemur selama setidaknya menit. Dalam hal ini, sinar matahari berperan penting dalam siklus tidur. Ketika tubuh merasakan sinar matahari alami, ia menghentikan produksi melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk tidur. Karena itulah, lansia yang menikmai sinar matahari akan terjadi di siang hari, namun bisa terlelap di malam hari.