Ketimbang Karantina Terbatas, Epidemiolog Usul Lockdown Pulau Jawa

Selama lockdown, Dedy mengimbau agar warga Kota Tegal yang merantau di luar kota tidak pulang kampung, khususnya saat musim arus mudik. Jika terpaksa pulang kampung, warga wajib melapor ke gugus tugas Covid-19 untuk menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. KONTAN.CO.ID -SEMARANG. Dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 di wilayahnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengambil strategi gerilya.

Sektor esensial yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat tetap dapat beroperasi one hundred persen dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Disebutkan, aturan tersebut meminta kepada sejumlah kepala daerah di Jawa-Bali untuk membelakukan pembatasan kegiatan yang berpotensi menimbulkan penularan Covid-19. Tak hanya itu, Ganjar juga meminta kegiatan yang menimbulkan keramaian semuanya ditunda.

Satgas Penanganan COVID-19 Jateng menyiapkan operasi penegakan serentak di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Membatasi tempat kerja perkantoran dengan menerapkan Work Form Home sebesar 75 persen dan Work From Office sebesar 25 persen dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat. Meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal dan industri pertanian serta pariwisata yang berdaya saing disertai pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. Mewujudkan pelayanan publik yang profesional dan amanah disertai tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan bersih. Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menyebut kebijakan PPKM memang tidak akan efektif menekan laju penularan Covid-19.

Pusat perbelanjaan di Bangkok dan lima provinsi harus ditutup pada pukul 9 malam, dan pesta atau perayaan, atau kegiatan yang melibatkan pertemuan lebih dari 20 orang akan dilarang. Tak hanya Indonesia yang mengalami lonjakan kasus akibat merebaknya varian COVID-19 delta. Sejumlah negara di berbagai benua juga mengalami lonjakan kasus, sebagian di antaranya hingga harus melakukan lockdown.

Kondisi tersebut mendorong otoritas setempat untuk mendorong banyak pasien Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri di rumah, terutama mereka yang tidak bergejala atau bergejala ringan. Kebijakan ini, kata dia, harus disertai penegakan hukum yang tidak tebang pilih, penindakan tegas kepada para penyebar informasi yang menyesatkan (hoax/disinformasi) dan jaminan sosial bagi warga terdampak secara ekonomi selama PSBB tersebut diberlakukan. Keempat, karena masalah keterbatasan sumber daya dan dinamika pandemik yang bergerak cepat, diperlukan skala prioritas melalui pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang sifatnya low-pain high-gain atau low-hanging fruits. Salah satunya adalah dengan memfokuskan pada space Slot Game Online produksi yang mensuplai ke pasar daerah padat penduduk metropolitan. Di Jawa Barat misalnya daerah Bandung Raya yang jumlah penduduknya banyak dan ketergantungan pangannya tinggi, atau di daerah Jabodetabek.

Pulau jawa dan sekitarnya sudah melakukan lock down wilayah selama 1 bulan

Memastikan logistik atau kelancaran arus produk-produk pertanian pangan dari pedesaan ke pasar. Sejauh ini, pemerintah Indonesia menggencarkan imbauan pembatasan interaksi sosial untuk mencegah penyebaran Covid-19. PPKM darurat juga mengharuskan pusat perbelanjaan, tempat ibadah, area publik, kegiatan sosial kebudayaan ditutup untuk sementara.

Meskipun nilai tukar Rupiah melemah cukup tajam selama bulan Maret, namun inflasi domestik masih terkendali. Memasuki bulan Ramadhan, pemerintah memantau ketersediaan dan distribusi barang untuk menghindari lonjakan. Kenaikan harga gula pasir disebabkan oleh stok di petani yang mulai menipis sementara pasokan impor belum masuk. Untuk menstabilkan harga, pemerintah mengambil langkah dengan relokasi stok gula mentah di industri rafinasi untuk diolah menjadi gula konsumsi. Sementara itu, harga bawang putih mulai turun seiring dengan kebijakan relaksasi impor hingga akhir Mei untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan.