Ini Waktu Paling Baik Untuk Berjemur Dibawah Terik Matahari

Keringat ini berfungsi untuk mendinginkan tubuh Anda yang panas. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat udara panas adalah semangka, stroberi, kaldu dan sup, tomat, paprika, air kelapa dan makanan pedas. Ini karena muntah dan diare dapat menyebabkan terlalu banyak air yang dikeluarkan dari tubuh Anda. Dehidrasi tidak hanya menyerang orang dewasa saja, anak-anak kecil dan bayi pun bisa terserang. Sebelum mengetahui berbagai cara untuk mencegah dehidrasi, ada baiknya mengenal terlebih dahulu beberapa gejalanya. Namun tentu saja, sumber terbaik adalah menyintesis dari dalam tubuh sendiri karena tubuh akan otomatis mengatur kadarnya dalam batas normal.

Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa kandungan vitamin D3 dari sinar matahari ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah vitamin larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D saat sinar matahari mengenai kulit. Anda mungkin sudah tidak asing dengan manfaat sinar matahari karena kaya akan vitamin yang bagus untuk tulang. Meski begitu, kenali dahulu kapan sebenarnya waktu matahari terbaik, pagi atau sore, untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal.

Ya, kegiatan berjemur di pantai memang sangat menyenangkan dan baik untuk membantu tubuh mendapatkan vitamin D ya, Moms. Namun berjemur tak harus di pantai, kok, di halaman rumah saja juga bisa Anda lakukan. Bukan tidak mungkin bila rutin berjemur di bawah sinar matahari setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita akan terhindar dari virus corona covid-19. Bukan tidak mungkin bila rutin berjemur di bawah sinar matahari setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda akan terhindar dari virus corona COVID-19. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membahayakan kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

Berjemur matahari paling baik jam 10 pagi - 2 siang

Makin siang, sinar matahari makin terang sehingga vitamin D yang dihasilkan juga makin banyak. Tetapi perlu diingat bahwa waktu yang cenderung aman untuk berjemur adalah sekitar Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 09.00 sampai 10.00 pagi. Tubuh manusia akan otomatis memproduksi vitamin D dari sinar matahari yang terpapar ke kulitnya saat berjemur dan beraktivitas di luar rumah.

Mengutip knowledge dari Weather Atlas, rata-rata indeks UV Jakarta di bulan April bisa mencapai 12, yang artinya ekstrem. Risiko untuk terkena kanker kulit saat berjemur pun sangat tinggi. “Intensitas UVB di Indonesia itu berbeda dengan di geografi lain seperti misalnya di Italia. Di Indonesia pasti lebih kuat intensitasnya karena di Khatulistiwa. “Biasanya orang suka takut hitam kulitnya ya kalau kena sinar matahari. Tapi lakukan cukup tiga kali seminggu. Murah meriah bukan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari,” ucap Siti. Selain itu, dr. Frieda menegaskan bila bayi dijemur terlalu panas atau terlalu lama ia dapat mengalami hipertermia .

Manfaat berjemur di pagi hari yang ketujuh adalah untuk menyembuhkan beberapa kelainan kulit. Paparan sinar matahari saat berjemur di pagi hari dapat membantu penyembuhan gangguan kulit seperti jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan infeksi jamur pada kulit lainnya. Terapi berjemur di pagi hari selama empat minggu terbukti berhasil digunakan untuk menghilangkan gejala psoriasis secara signifikan pada 84% subjek.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui Indeks UV. Indeks UV merupakan tingkat radiasi UV yang nilainya berbeda sepanjang hari. Nilai Indeks UV ini bergantung pada lokasi geografis suatu negara atau wilayah dan apabila waktu musim panas diterapkan. Misalnya, Indeks UV Indonesia tentu saja berbeda dengan negara lain seperti Inggris karena Indonesia terletak di garis ekuator. Indek UV diatas 7, dikategorikan sangat berbahaya untuk kesehatan kulit dan mata. Indek UV diatas 5, dikategorikan berbahaya untuk kesehatan kulit dan mata.