Cehah Dehidrasi, Konsumsi Lima Makanan Dan Minuman Ini

Di sisi lain, bahaya minum kopi berlebihan dapat menyebabkan Anda menjadi sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Terlepas dari semua manfaat kesehatan yang terkandung dalam kopi, bukan hal yang baru lagi jika minum kopi setiap hari sudah menjadi kebiasaan atau gaya hidup. Bahkan kopi juga dapat menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Efek negatif terlalu banyak minum kopi diawali dengan munculnya masalah pencernaan, apalagi jika diminum di pagi hari.

Kerugian konsumsi terlalu banyak kopi

Asupan kafein yang tinggi juga telah terbukti dapat meningkatkan tekanan darah selama berolahraga pada orang sehat. Batas maksimal konsumsi kafein bagi ibu hamil dalam sehari adalah 200 mg atau sekitar dua cangkir kopi instan. Untuk itu, perhatikan kandungan kafein dalam teh, kopi, cokelat dan makanan lain yang tertera pada label kemasan.

Hanya perlu waktu sekitar 10 menit untuk melihat efek minum kopi ini terhadap kinerja otak seseorang. Ada reseptor adenosine di otak yang akan berinteraksi dengan kafein. Tidak bisa dipungkiri, kita tidak bisa terlepas dari yang namanya kopi. Biasanya kopi diminum di pagi atau siang hari, karena memiliki efek untuk menghilangkan rasa kantuk. Batas aman untuk menikmati kafein adalah 500 miligram setiap harinya atau setara dengan lima cangkir kopi. Jika mengonsumsinya dalam kadar berlebihan dalam jangka waktu lama, maka bisa mengalami gejala penarikan kafein.

Meski jarang orang yang, bagaimanapun juga kopi akan sangat berefek pada siklus tidur kita. Menurut penelitian kopi dapat bertahan di sistem pencernaan kita selama 14 jam. Hal ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan membuat kita jadi sulit untuk tidur. Untuk dapat tidur malam yang berkualitas dan menjadi nyaman, sebaiknya kita tidak meminumnya di malam hari. Bahkan beberapa orang dengan masalah jantung mungkin dapat menolerir asupan kafein dalam jumlah besar tanpa efek samping.

Meski peminum kopi umumnya memiliki warna gigi agak hitam karena zat tersebut, namun senyawa ini akan melindungi gigi sehingga tidak mudah berlubang. Minum kopi saat hamil sebetulnya masih diperbolehkan, tapi harus dengan jumlah yang sedikit. Jika ibu hamil mengonsumsi kopi dengan jumlah yang berlebihan bisa mengganggu kesehatan janin yang dikandungnya. Kopi yang paling baik adalah kopi tanpa atau dengan sedikit gula.

Karena dengan meminum kopi tubuh akan lebih menghasilkan hormon stress seperti Cortisol, Epinephrine, dan Norepinephrine. Mengutip Healthline, kopi berukuran Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 besar dari Starbucks, misalnya, mengandung 330 miligram kafein. Namun, bukan berarti Anda bisa sesukanya mengonsumsi kopi sebanyak mungkin.