Trik Jitu Agar Anak Patuh

Dalam jangka panjang, dampaknya adalah anak jadi mudah gelisah, tidak percaya diri, dan rentan terhadap intimidasi. Pertama, Anak perlu paham bahwa dirinya dicintai meski pernah melakukan kesalahan. Pola asuh ini memiliki makna tentang bagaimana orangtua memperlakukan anak, mendidik, membimbing, mendisiplinkan, serta melindungi anak dalam mencapai proses kedewasaan. Namun, orangtua juga harus memiliki pengetahuan yang luas untuk memberikan pemahaman atau penjelasan pada anaknya. Ketika orangtua berkomunikasi dengan anak, maka cobalah untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak.

Tahukah anda, predikat nakal yang anda berikan pada mereka akan membuat mereka tidak percaya diri dengan lingkungannya. mengajak anak untuk mendaftar Brain Academy Online agar anak dapat memiliki pengalaman belajar online yang lebih efektif bersama master instructor di Ruangguru. Sayangnya, ketakutan berlebihan pada orangtua ini dapat memicu over-controlling pada kehidupan anak.

Namun terkadang, karena merasa ayah dan bundanya tidak memperhatikannya dengan baik, ia pun mulai menarik diri. Ketika si kecil memiliki harga diri yang rendah, ia akan berusaha untuk mencari pijakan untuk menaikkan harga dirinya. Salah satu cara paling mudah untuk melakukan hal tersebut adalah dengan mencela orang lain. Ajarkan anak nilai-nilai positif dengan boneka/action figures atau bisa juga dengan cara mengajak anak untuk bermain peran. Banyak sekali yang bisa dieksplorasi saat anak bermain boneka/action figures.

Sikap ini sebetulnya merupakan perkembangan wajar dari seorang anak. Bahkan otonomi diri diperlukan untuk mengembangkan kemandirian dan independensi yang berguna di kemudian hari. Memanggil anak dengan namanya mungkin terdengar sepele dan tidak masuk akal, namun ternyata dengan memanggil namanya anak akan merasa lebih dianggap dan dihargai oleh Mama.

Kedua, buatlah pembelajaran mengaji dengan sekreatif mungkin, agar anak bisa menumbuhkan keingintahuan dan minat anak belajar mengaji. “Saya memberikan es kepada putra saya yang berusia 5 tahun dan membuatnya mengisapnya sebentar sebelum memberinya obat,” kata Gail Mithoff dari Mission Viejo, California. “Ini membantu membuat lidahnya mati rasa sehingga obatnya turun dengan lancar.” Gunakan keripik es, karena potongan yang lebih besar dapat bahaya dan membuatnya tersedak. Ice pop juga berfungsi dengan baik atau Anda bisa memasukkan obat ke dalam lemari es. “Beberapa jenis obat seperti steroid, memiliki rasa pahit dan rasa dingin yang lebih baik,” kata Dr. Tolcher. “Ketika anak saya yang berumur 2 tahun menggunakan antibiotik, saya memberinya pilihan untuk minum obat di pipet atau di gelas,” kata Dr. Altmann.

Cara agar anak patuh

Cara mengatasi anak nakal lainnya, yaitu Anda harus aktif mencari tahu permasalahan yang mungkin dialami anak hingga ia menjadi nakal. Jika perlu berdiskusilah dengan guru apabila kemampuan belajarnya juga terganggu. Selain itu, sudah menjadi tugas Anda untuk membimbingnya melebih baik. Pada usia tertentu, anak memang memiliki kelakuan yang sulit diatur.

Psikolog anak dan dewasa dari Rumah Sakit Royal Progress Nadia Rachman mengatakan bahwa waktu yang dibutuhakan dalam hukuman semcam ini disesuaikan dengan usia anak. “Penjelasan logis yang memiliki alasan, sebisa mungkin alasannya berkaitan dengan dirinya. Misalnya ketika mengajak anak untuk mandi berikan alasan karena dengan mandi badan menjadi sehat dan segar,” ujarnya. Oleh sebab itu orangtua perlu memodifikasi atau menemukan terobosan baru utnuk membuat anak jadi patuh sesuai dengan karakter anak. Motivasi penting artinya bagi anak ketika menerima perintah atau larangan maupun nasihat.

Namun Anda harus ingat bahwa tegas disini bukan tegas secara otoriter melainkan tegas yang mampu membimbing dan mengarahkan karyawannya. Meskipun begitu, penerapan hukuman pada karyawan pembangkang tersebut sangat dibutuhkan untuk mendidik dan juga memberikan efek jerah. Perkembangan sosial anak akan sangat membantu tumbuh kembang si kecil agar ia kelak menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Jika mother and father merasa telah melakukan kesalahan dalam mengasuh anak, cobalah untuk mengubah secara bertahap dan konsisten.

Semua hal tersebut tidak mudah, bahkan terkadang membuat orang tua stres dan merasa gagal menjadi orang tua. Terlebih jika Ibu memiliki anak lebih dari 1, kerap muncul kecemburuan dari anak yang lebih besar terhadap anak yang lebih kecil. Nutrisi yang baik untuk meningkatkan cara kerja otak anak adalah asupan yang mengandung karbohidrat seperti nasi serta protein seperti daging- dagingan dan susu.

Memarahinya bukanlah cara agar anak dapat mematuhi apa yang Anda katakan. Cobalah berbicara dan beri tahu mereka sikap tidak patuhnya akan membuat Anda merasa khawatir. Jelaskan kepada mereka ketidakpatuhan nya akan mempengaruhi dirinya disetiap tahap hidupnya. Ajari mereka bahwa mengikuti aturan sangat penting untuk mempertahankan hubungan antarkeluarga dan sosial. Membiarkan anak tahu bahwa tingkah lakunya dapat mempengaruhi keluarga dan membuat kekhawatiran akan menciptakan ikatan keluarga yang lebih besar. Anak-anak sering sekali penasaran terhadap sesuatu hal apalagi jika kita melarangnya.