Inilah Dampak Positif Dan Negatif Dari Minum Kopi

Seiring berjalannya waktu, olahan biji kopi semakin beragam dan minum kopi pun semakin membudaya. Untuk wanita yang sudah menjadikan kopi sebagai minuman spesial, ada beberapa hal yang harus diketahui. Mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita. Hal ini juga akan menyebabkan penyakit pada bagian organ dalam tubuh wanita yaitu tuba falopi danendometrium,sehingga menyebabkan ketidaksuburan pada wanita. Sebaiknya kamu mengkonsumsi kopi tidak berlebihan setiap harinya. Ini karena konsumsi kopi berlebih justru sangat tidak baik buat kesehatan dan memungkinkan mempengaruhi kenyamanan serta kesehatan pikiran, khususnya untuk sel-sel yang ada di otak.

“Ya, Moms masih dapat menikmati secangkir kopi setiap saat selama kehamilan. Namun pastikan ibu hamil minum kopi tidak lebih dari 200 mg kafein dalam sehari. Selain itu, kopi yang tidak disaring juga dapat memicu beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal itu karena kopi meningkatkan homocysteine yang diduga berhubungan erat dengan terjadinya serangan jantung, peningkatan lemak dalam darah, serta kolesterol. Menurut penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga pendidikan ternama di dunia, konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung. Adapun jumlah sedang tersebut setara dengan dua cangkir kopi atau 236,5 ml per hari.

Kopi bisa jadi penyelamat agar mata melek di pagi dan malam hari. [newline]Jumlah ini termasuk air yang didapat dari makan, yang diperkirakan menghasilkan 19 sampai 20 persen asupan harian. Menurut European Food Safety Authority , bisa berakibat deadly jika seseorang kehilangan lebih dari 10 persen air tubuh mereka. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat membuatmu susah untuk tenang. Ini akan membuatmu gelisah, resah, dan nggak bisa diam atau hiperaktif. Kalau kamu sering mengetuk-ngetukkan kaki, memainkan jemari, atau bangkit dari kursi dan bergerak tanpa kamu mengerti alasannya, bisa jadi kamu sudah terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Bila Anda biasa meminum kopi di pagi hari sebelum melakukan beragam aktivitas, maka sebaiknya mulai berpikir ulang. Untuk pola konsumsi yang lebih sehat, hindari menambahkan gula ke dalam kopi. Alih-alih menyehatkan, asupan gula justru menambah jumlah kadar gula atau kalori yang mengganggu metabolisme tubuh. Pengecualian berlaku untuk wanita hamil karena kafein dapat membahayakan perkembangan janin, orang yang rentan kafein karena bisa membuat mereka gelisah dan jantung berdetak cepat, dan mereka yang memang tidak suka kopi.

Jika jumlah natrium tidak seimbang di dalam tubuh maka akan menyebabkan berbagai gangguan fungsi sel tubuh. Dalam hal ini, kafein menghambat penyerapan natrium dan air pada ginjal. Salah satu alasan kenapa orang suka minum kopi adalah agar tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk. Tetapi karena hal ini justru akan membuat seseorang menjadi insomnia yang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Alkaloid kafein dalam kopi merupakan nonselective adenosine recetor antagonists. Selain itu respon epinefrin yang meningkat paska konsumsi kopi was reported a ptent antagonist of insulin-mediated glucose disposal. Ia menjelaskan bahwa zat yang terkandung PRAGMATIC PLAY dalam kopi memang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Di waktu yang bersamaan, dampaknya akan memberikan tenaga lebih untuk melakukan aktivitas. Tapi, menurut Beck, jika hanya mengandalkan kopi sebagai sumber tenaga saja tidak cukup bagi tubuh.

Tetapi jika ibu hamil minum kopi, karena kafein dapat menembus penghalang plasenta, kebanyakan dokter merekomendasikan untuk tetap bertahan dengan batas 200 miligram. Jumlah kafein dalam makanan dan minuman pun sangat bervariasi, untuk kopi dan teh, jumlah kafein yang terkandung bergantung pada merek. “Kopi meningkatkan banyak fungsi otak yang berbeda, termasuk ingatan, suasana hati, tingkat energi, dan waktu reaksi,” kata ahli diet Beth Warren, RDN, penulis Secret of a Kosher Girl. National Coffee Association mengatakan jumlah orang dewasa di AS yang minum kopi telah meningkat selama bertahun-tahun.

Memang banyak obat di pasaran yang bisa membantu meredakan asam lambung. Tapi, bagaimanapun juga jalan terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi konsumsi kopi. “Lebih baik menghindari konsumsi kopi setiap hari dan mencoba beberapa alternatif sehat. Dan ingat, jika minum kafein, seseorang harus memastikan jumlah asupan cairan air putih tetap baik sepanjang hari,” katanya. Jika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas, disarankan untuk tidak menambahkan gula ke kopi atau bahkan teh,” tegasnya.

Berapa kopi yang dapat kita konsumsi dalam sehari

Walau begitu, konsumsilah dalam batas wajar, yakni di bawah enam cangkir per hari, agar aman untuk tubuh. Para ahli menemukan bahwa konsumsi kopi berlebih justru sangat tidak baik buat kesehatan dan ini justru memungkinkan mempengaruhi kenyamanan serta kesehatan pikiran. Kopi yang dikonsumsi berlebih justru akan berpengaruh buruk terhadap sel-sel di dalam tubuh khususnya untuk sel-sel yang ada di otak.

Penting untuk digarisbawahi, kopi tetap memiliki manfaat, jika dikonsumsi dalam batas wajar. Kafeina dalam kopi mungkin membantu kita untuk beraktivitas lebih cepat dan lebih keras. Namun, konsumsi kafeina secara berlebihan, akan membuat kita bekerja di luar batas maksimal tubuh. Sebagai informasi, varian gen CYP1A2 membuat seseorang lebih sulit memetabolisme semua kafeina yang dicerna. Akibatnya, individu yang memiliki varian gen ini, lebih berisiko untuk terkena penyakit jantung dan hipertensi. Untuk umat muslim, Qust Al Hindi atau lebih akrab disebut sebagai kayu India mungkin tidak asing.