Cara Mendidik Anak Hiperaktif Dengan Benar Dan Tepat

Dalam hal ini orangtua mengajak anak berdiskusi untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu bisa mengatur waktu antara les taekwondo dan renang. Para peneliti mengatakan bahwa otak manusia hanya dapat menyimpan 4 “potongan” informasi atau ide unik dalam ingatan jangka pendek sekaligus. Jika dikonversi, maka otak manusia hanya menyimpan informasi unik selama 30 detik awal atau setara dengan 2 kalimat saat orang lain bicara. Adapun guru dinilai anak sebagai pendidik kala mereka membutuhkan informasi atau ingin mempelajari suatu informasi yang tidak mungkin dipenuhi semuanya oleh orangtua.

Cobalah daftarkan anak Anda untuk mengikuti kegiatan olahraga atau seni yang mereka minati. Hal ini akan membantu dan menciptakan kebiasaan disiplin pada mereka. Buatlah anak senang dan bangga bersikap sopan dengan memberikan pujian atas setiap perbuatan baiknya.

Sebenarnya, mendidik anak yang keras kepala dengan cara ini tidak akan membantu, malah akan memicu perlawanan dari si kecil. Ketika anak menolak perkataan atau perintah orang tua, terkadang orang tua menjadi gemas, marah, bahkan berteriak. Padahal, berteriak bukan cara yang tepat supaya anak nurut dengan orang tua lho, Bu.

Cara agar anak patuh

Secara teori hal itu tampak mudah namun dalam penerapanya tidak semua orangtua berhasil melakukanya. Orangtua yang cara didikannya keras dan kasar membuat anak lebih rentan terhadap seks, di usia dini, narkoba dan aksi kekerasan. Cara orangtua mendidik menjadi penentu perilaku anak di masa depan. Memang tidak ada cara sederhana untuk mendidik anak agar bisa tumbuh menjadi seperti yang diinginkan. Butuh usaha keras orangtua serta kesabaran mereka untuk bisa membuat anak lebih positif perilaku serta pencapaiannya saat dewasa nanti.

“Bersikap baik akan mencerminkan sikap hormat terhadap anak dan berlaku tegas menunjukkan rasa hormat terhadap apa yang perlu dilakukan” bilang Nelsen. Hidup akan lebih mudah jika anak-anak selalu menuruti semua perintah dengan senang, tapi itu tidak realistis. Yang harus dipahami, ketika anak melawan perintah Anda, ingatlah, anak Anda bukan sedang berusaha melawan, namun mereka individu yang memiliki pendapat sendiri. Yang harus dibenahi, bila mereka mengungkapkan perbedaan pendapatnya dengan kasar.