Bahaya Kopi Bagi Kesehatan, Bisa Mematikan

Jika kamu terbiasa minum kopi setiap hari, tubuh akan terbiasa dengan adanya kafein. Apabila kebiasaan ini terlewat satu hari saja, tubuh akan menunjukkan gejala ‘penarikan kafein’. Biasanya hal ini akan menimbulkan sakit kepala, temper jelek, dan perasaan seperti bingung.

Menurut Medical News Today, kopi memang memberikan ragam manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi tanpa gula untuk mencegah kanker hati, diabetes tipe 2, dan gagal jantung. Sayangnya kini banyak olahan kopi yang menyajikan berbagai menu dengan tambahan gula. Kopi dapat memicu naiknya asam lambung dan membuat sakit lambung. Hal itu terjadi karena orang tersebut sudah mengalami ketergantungan mengonsumsi kopi. Yuk, sekarang simak penjelasan mengenai bahaya minum kopi berlebihan berikut ini.

Dan, tremor ini dapat dipicu oleh konsumsi kafein yang berlebihan. Untuk menghentikan getaran yang tidak dapat terkontrol, kamu dapat melakukan beberapa teknik relaksasi serta mengurangi asupan alkohol dan kopi harian. Efek sakit kepala karena kurang asupan kafein dapat berlangsung selama beberapa minggu; karena tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri saat tidak memiliki kafein dalam sistemnya. Dalam satu kasus, seorang wanita mengalami mual, muntah, dan urine berubah menjadi gelap setelah minum 1 liter kopi, yang mengandung 565 miligram kafein. Untungnya, wanita tersebut berhasil sembuh setelah mendapatkan pengobatan yang tepat. Banyak penelitian mengungkap manfaat kopi tetapi harus dikonsumsi dengan porsi sesuai.

Kerugian konsumsi terlalu banyak kopi

Tetapi memang dibutuhkan asupan kafein dalam jumlah sangat tinggi untuk memicunya. Peneliti juga mengatakan mengonsumsi lebih dari seribu miligram kafein seminggu terbukti menjadi prediktor kecemasan tinggi. Mungkin empat cangkir terdengar banyak, tetapi jika Anda sering mengonsumsi lebih dari 32 ons sehari, artinya sama saja. Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3-11 persen. Para peneliti menemukan, bahwa asupan kopi yang tinggi dapat meningkatkan jumlah waktu yang kita butuhkan untuk tertidur.

Kamu pun bisa alami insomnia dan bangun di pagi hari dalam kondisi kelelahan. Pasti akan terasa tidak nyaman rasanya saat jantung kita berdebar terlalu kencang. Nah, mengonsumsi minuman berkafein, nikotin, serta minuman beralkohol inilah yang bisa menjadi pemicunya. Dalam beberapa kasus seperti ini, jantung yang berdetak terlalu kencang dapat menyebabkan pusing dan bisa jadi pingsan.

Kafein dalam kopi sebenarnya merangsang gerakan urus dengan meningkatkan gerak peristaltik, sehingga terjadi kontraksi yang memindahkan makanan melalui saluran pencernaan Anda. Tidak menutup kemungkinan bahwa dosis yang besar terhadap konsumsi kopi dapat menyebabkan buang air besar atau bahkan diare bagi beberapa orang. Slot Gacor Tahukah Anda bahwa kopi mengandung pencahar yang diduga memicu pelepasan gastrin, yakni hormon yang diproduksi lambung untuk mempercepat aktivitas usus besar. Sebab, kafein juga diduga merangsang gerakan usus dengan meningkatkan gerak peristaltik, yakni kontraksi yang memindahkan makanan melalui saluran pencernaan.

Selain itu, kafein yang dikonsumsi di kemudian hari bisa mengganggu tidur karena pengaruhnya biasanya memerlukan waktu beberapa jam setelah konsumsi. Berikut ini merupakan efek samping dari konsumsi kafein yang berlebihan. Hal ini pula yag menjelaskan mengapa seseorang yang jarang mengkonsumsi kopi akan mengalami gejala efek samping tertentu sedangkan peminum kopi tidak mengalaminya.

Mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita. Hal ini juga akan menyebabkan penyakit pada bagian organ dalam tubuh wanita yaitu tuba falopi danendometrium,sehingga menyebabkan ketidaksuburan pada wanita. Salah satu alasan kenapa orang suka minum kopi adalah agar tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk.

Tetapi, jika kita mengonsumsinya dalam jumlah besar setiap hari, kopi dapat menyebabkan kecemasan dan kegugupan. Anda pasti tertarik untuk minum secangkir kopi bila sedang serius mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu. Salah satu cara jitu untuk menjaga pernapasan adalah dengan mengonsumsi teh ajaib satu ini. Jika tidak dijaga, bisa-bisa muncul penyakit yang serius dan berdampak untuk tubuh. Menjaga kesehatan saluran pernapasan merupakan hal yang terpenting dalam tubuh.

Menurut International Foundation for Gastrointenstinal Disorder, minum 2-3 gelas kopi sehari dapat menyebabkan diare. Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, hampir dua pertiga orang Amerika yang hidup dengan penyakit Alzheimer adalah perempuan. Namun, kafein dalam dua cangkir kopi dapat memberikan perlindungan yang signifikan terhadap perkembangan kondisi tersebut.