Anak Sering Melawan Orang Tua? Sensible Dad And Mom, Yuk Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Ternyata, dalam mendidik si Kecil, Ibu harus membedakan yang namanya penurut dan hormat. Menurut seorang psikolog anak, Toge Aprilianto, mendidik anak agar bersikap patuh dan menuruti segala yang dikatakan orangtua sama halnya dengan mengendarai delman, semua serba dikendalikan. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan.

Misalnya ketika Moms di dapur dan anak sedang berada di kamarnya. Kalau anak hanya mendengar perintah Moms secara samar-samar, ia tak akan mengindahkannya. Anak-anak sering asyik sendiri, misalnya sibuk bermain dengan teman-teman, sekolah, dan melamun.

Setiap orangtua mempunyai cara mendidik anak yang berbeda-beda, tergantung dari pengalaman dan referensi masing-masing. Cara mendidik anak tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena dapat mempengaruhi sifat dan karakter anak di masa depan. Berikut ini adalah beberapa suggestions parenting yang perlu Moms dan Dads perhatikan ketika menjalankan pola asuh anak agar tidak berpengaruh buruk untuk tumbuh kembangnya. Berbicara yang baik membantu anak Anda memiliki rasa harga diri yang kuat, hubungan yang baik dengan orang lain, dan kepribadian yang sehat. Selain itu, memungkinkan orang tua dan anak untuk mengekspresikan perasaan dan apa yang mereka pikirkan tanpa takut ditolak.

Yuk, simak rangkuman tips cara mendidik anak yang benar serta, apa yang menjadi didikan yang salah, berikut ini. Pada kalimat efektif di atas, orangtua mengemas semua informasi panjang lebar hanya dengan 2 kalimat dan meminta Si Kecil bersama-sama berpikir apakah rencana keduanya akan berhasil. Dalam hal ini orangtua mengajak anak berdiskusi untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu bisa mengatur waktu antara les taekwondo dan renang.

Sementara kalau Moms langsung memberikan banyak perintah, anak jadi bingung mana dulu yang harus dikerjakan. Habis mandi jangan lupa PR-nya dikerjakan,” sebaiknya Moms bicara pelan-pelan dan beri perintah satu-satu. Supaya anak mau mendengarkan Moms, Erica menyarankan agar kata-kata Moms bisa dicerna si kecil dengan baik. Menurut Erica Reischer Ph.D, Psikolog anak sekaligus Parent Coach di San Fransisco, usahakan untuk tidak memberi perintah atau bicara pada anak dari jauh.

Baik atau tidaknya anak juga tergantung dari yang diajarkan orang tua kepadanya. Oleh sebabnya cobalah untuk sebisa mungkin menghindari perkataan yang keras, mengancam atau bahkan meneriaki sang anak. Apabila perilaku anak mungkin terkesan nakal atau bandel, cobalah untuk menahan emosi Anda dan katakan dengan lembut serta bijaksana. Kesibukan orang tua terkadang mengalahkan perhatian mereka untuk sang anak. Dampaknya, anak kurang mendapatkan bimbingan dan didikan yang benar dari orang tua, salah satunya tentang sopan santun. Anak pun cenderung berkembang menjadi pribadi yang egois, keras kepala, dan sering melawan orang tua.

Terkadang hal itu membuat orang tua menjadi hilang kesabaran membuatnya meningkatkan quantity suara dengan nada membentak. Atau berbicara dengan panjang lebar, dengan tujuan agar anak menyimak dengan baik apa yang diucapkan orang tua. Namun, untuk sesuatu yang tidak terlalu “penting” kita bisa mengendurkan batas waktunya. “Anak-anak di usia ini sering merasa kewalahan, mereka cenderung akan mendengar dan menuruti perintah orangtua jika hal itu dianggapnya penting,” kata Fick. Tips lain yang bisa dilakukan supaya anak nurut dengan orang tua adalah usahakan agar selalu ‘satu suara’ dengan pasangan.

Cara ini juga dapat membuat anak lebih terpacu untuk mendengarkan perintah orangtua selanjutnya dan tidak mengabaikannya, karena tahu dirinya dibanggakan. Menurut dr. Gail Saltz, seorang psikoanalis, cara paling penting untuk berbicara sehingga anak Anda bersedia menuruti adalah dengan mendengarkan apa keinginannya. Pasalnya, saat anak merasa orangtua mendengarkan dirinya, maka mereka akan merasa lebih dihargai dan lebih dipercaya sehingga menjadi lebih tertarik pada apa yang Anda katakan. Lakukan 5 ideas yang akanPopmama.comberikan agar Mama tidak salah melakukan hal yang malah nantinya membuat si Kecil makin tidak mendengarkan perkataan Mama. Namun, daripada enggak dapat ‘salam tempel’, di hadapan orang tua mereka pastinya harus tampak saling bermaafan. Langkah terakhir cara mengatasi anak nakal adalah dengan memberinya sanksi.

Simon Davies dalam bukunya The Montessori Toddler memberikan tip bagaimana agar anak mau mendengarkan kita. Jika mother and father merasa telah melakukan kesalahan dalam mengasuh anak, cobalah untuk mengubah secara bertahap dan konsisten. Pikirkan bahwa anak merupakan seorang individu yang harus dihormati seperti kita menghormati orang lain. Mungkin orang tua bermaksud baik atas kritik yang diberikan namun salah-salah mengkritik dapat menghancurkan kepercayaan diri si anak.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Beri kesempatan pada si kecil untuk mengeluarkan emosinya terlebih dahulu, baru kemudian berbicara atau memberi perintah. Kenali hal apa saja yang membuat anak mudah tantrum agar Ibu dapat meredakan tantrumnya. Ingat, berharap supaya anak nurut ketika ia sedang tantrum merupakan hal yang sia-sia ya, Bu. Seperti apa sikapnya saat ini, merupakan cerminan dari perilaku Ayah dan Ibu di rumah saat menghadapi anak.